Artikel ini membahas tentang laptop untuk desain grafis yang dimana seiring dengan perkembangan dan peningkatan potensi pasar teknologi komputer saat ini, kini para produsen terkenal laptop mulai berlomba-lomba untuk membuat laptop yang bisa menghadirkan kebutuhan desain grafis secara maksimal tanpa harus memaksa para konsumennya dengan harga yang cukup mahal.

Saat ini, tidak cuma para desainer grafis profesional saja yang bisa menggunakan laptop untuk keperluan desain grafis, bahkan kita juga bisa memakainya untuk kegiatan desain grafis kita sehari-hari.

Saat kita ingin memiliki laptop untuk desain grafis, bagaimana tips cara memilih laptop yang tepat untuk desain grafis sebelum kita membeli?

Berikut ini adalah beberapa tips cara memilihnya:

1. Ukuran Monitor yang Lebar
Untuk kebutuhan desain grafis, kita mungkin akan memerlukan laptop dengan ukuran monitor yang lebar. Ukuran monitor yang lebar di sini tidak sekedar berdasarkan kepada semakin besarnya ukuran dalam inchi (misalnya: 14”, 15”, 17” dst.), tetapi lebih kepada ukuran resolusi monitor.

Laptop yang dapat dipergunakan untuk pekerjaan desain grafis pada umumnya adalah memiliki ukuran resolusi monitor minimalnya 1366 x 768, akantapi lebih baiknya jika kita mempunyai resolusi yang lebih besar misalnya 1600 x 900, sebab pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis seperti contohnya desain properti real estate, memerlukan ruang yang besar serta akan jauh lebih enak bagi kita jika laptop mempunyai kemampuan bisa membuka dua program sekalian atau bahkan lebih dalam satu monitor.

Selain daripada itu, pilihlah laptop yang dilengkapi dengan monitor yang anti-glare atau anti-glossy, agar dapat menjaga kenyamanan kita saat berlama-lama menggunakan laptop untuk desain grafis di luar ruangan.

2. Graphic Card Eksternal Board
Komponen penting yang wajib dimiliki laptop untuk desain grafis adalah Graphic Card atau Kartu Grafis.

Komponen ini mempunyai fungsi yang sangat vital terutama saat kita ingin mengerjakan pekerjaan desain grafis misalkan mengolah foto, mengedit video, dan desain 3D.

Yang perlu menjadi perhatian adalah, saat kita memilih laptop untuk pekerjaan desain grafis, diwajibkan untuk jangan memilih laptop dengan spesifikasi Graphic Card on board.

Graphic Card dengan tipe ini pada kenyataannya langsung tertanam pada laptop dan pada sistem kerjanya masih harus berbagi dengan komponen memori RAM.

Logikanya begini, apabila dipakai untuk program desain grafis yang berat, laptop kita menjadi cenderung bekerja dengan lebih lemot. Sehingga, laptop untuk kemampuan desain grafis yang optimal, laptop yang dipilih adalah dengan graphic card eksternal atau terpisah (GPU) seperti keluaran Nvidia GeForce dan ATI Radeon dengan kapasitas memori minimal 1 GB maupun 2 GB.

3. Prosessor yang Cepat
Laptop yang gampang sekali panas akan menyusahkan kita. Agar mempunyai performa yang optimal dalam mengerjakan kegiatan desain grafis, kita memerlukan laptop yang dilengkapi dengan prosessor yang cepat.

Pada umumnya, sekarang ini kebanyakan orang lebih memilih mencari prosessor Intel Core Series dengan tingkat GHz yang tinggi (2.4 GHz, 2.6 GHz, dst.) yang diharapkan laptop mereka akan dapat bekerja dengan lancar tanpa hambatan pada program-program berbasis desain grafis.

Namun, sebaiknya kita perlu kewaspadaan jika memilih prosessor laptop, sebab ada beberapa prosessor dengan tingkat GHz yang tinggi tetapi dalam pemakaiannya tidak sama antara satu dengan yang lainnya, bahkan cenderung tidak hemat energi.

Sehingga, pastikan cek spesifikasi serta sistem kerjanya prosessor laptop kita dan cari informasi dulu di berbagai situs terkait sebelum mulai memilihnya.

4. Kapasitas RAM yang Besar
Fungsinya RAM adalah untuk menentukan kecepatan kerja tiap program desain grafis yang kita pakai.

Semakin besar kapasitas RAM yang kita punya, semakin jarang kita akan memperoleh masalah di mana program desain grafis kita berkerja secara lambat atau bahkan mengakibatkan macet atau hang.

Sehingga, pilihlah RAM dengan kapasitas minimal 2 GB dengan sistem operasi (misal: Windows 7) yang dapat berjalan dengan 64 bit.

Windows 32 bit hanya dapat membaca RAM pada laptop kita sekitar 2 GB, jadi akan sangat percuma apabila laptop kita memiliki RAM berukuran 4 GB atau lebih.

Selain itu, RAM dengan kapasitas yang besar dapat menjalankan multi-tasking atau membuka beberapa program dalam waktu yang bersamaan.

Pada saat kita akan memilih laptop, kita harus mampu cermat dalam memilih beberapa laptop yang menghadirkan slot untuk upgrade atau meningkatkan kapasitas RAM sehingga dapat lebih mendukung pekerjaan desain grafis kita.

5. Pendinginan Temperatur
Pekerjaan desain grafis itu pasti membutuhkan beberapa program yang banyak dan juga memerlukan sistem kerja komponen laptop yang mumpuni, sehingga mungkin suatu saat kita akan menghadapi kejadian dimana temperatur laptop kita bisa menjadi terlalu panas (overheated).

Laptop yang terlalu sering kita digunakan hingga overheated, bisa mengakibatkan daya tahan dan performa laptop tersebut melemah dan akhirnya rusak.

Oleh karena itu, pilihlah laptop dengan sistem pendinginan temperatur yang baik serta bisa melakukan multi-tasking dengan stabil.

6. Garansi Spare Part
Laptop dengan kemampuan yang mumpuni untuk desain grafis pastinya memiliki harga yang cukup mahal atau tidak murah.

Begitu juga dengan harga spare-partnya yang cenderung cukup mahal. Selain daripada itu, pekerjaan desain grafis pasti membutuhkan waktu yang cukup lama dan pemakaian laptop yang bisa dibilang lebih banyak jika dibandingkan dengan pemakaian laptop biasa pada umumnya.

Sehingga, untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan hanya untuk memperbaiki spare-part yang rusak, ada baiknya kita memilih laptop dengan jaminan garansi spare-part yang terpercaya dan lama.

Kegiatan memilih laptop untuk desain grafis memang pada awalnya terlihat mudah. Tetapi, jika kita salah memilih spesifikasi laptop, itu dapat mengakibatkan pekerjaan desain grafis kita akan terganggu dan pada akhirnya hanya akan menghabiskan uang kita untuk memperbaikinya.

Jadi, memilih laptop harus lebih cermat. Bijaklah dalam memilih laptop untuk desain grafis.

Saat ini desain grafis merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dikatakan cukup menjanjikan.

Dalam dunia desain grafis, para desainernya dapat menuangkan ide-ide kreatif ke dalam bentuk sebuah gambar, baik itu digital ataupun cetak.

Desain grafis juga turut berperan besar dalam hal promosi berbagai macam produk, contohnya desain kemasan produk, poster, booklet, buku, spanduk, flyer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tetapi terkadang untuk para desainer pemula yang saat ini masih mempunyai budget terbatas terpaksa harus berburu laptop dengan harga yang terjangkau.

Untuk itu, artikel ini juga membahas mengenai laptop dengan harga sekitar Rp 4 jutaan yang masih dijangkau oleh para desainer yang masih menjadi pemula.

Spesifikasi hardware yang ditawarkan pada laptop sudah cukup untuk menunjang dalam menjalankan aktivitas desain menggunakan berbagai software, seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan masih banyak lagi.

Laptop HP Pavilion 17

HP juga adalah salah satu perusahaan pengembang laptop yang pamornya cukup terkenal di mata dunia internasional. Tipe laptop dari produsen yang satu ini, yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan desain grafis adalah HP Pavilion 17.

Laptop yang mengusung platform AMD A8 Dual core sebagai platform processornya ini juga dilengkapi dengan Kapsitas RAM 4GB.

VGA AMD HD 8450G merupakan senjatanya untuk mengolah grafis yang tinggi supaya kita dapat menggunakannya sebagai laptop desain grafis yang stabil.

Harga laptop ini pun juga terbilang cukup murah, hanya berada pada kisaran harga sekitar Rp. 5,7 jutaan saja.

Laptop Acer Aspire Z3-451

Acer adalah vendor saingan ASUS, keduanya berasal dari negara yang sama, yaitu Taiwan. Acer menawarkan laptop dengan beberapa spesifikasi hardware pilihan yang menarik, tetapi dengan harga yang terjangkau.

Dalam hal desain grafis, Acer juga memproduksi laptop dengan harga terjangkau yang bernama Acer Aspier Z3-451. Spesifikasi perangkat hardware yang dibawanya bertenaga dengan penggunaan prosessor AMD A10-5757M, storage internal HDD 500 GB, dan kartu grafis AMD Radeon R6 RAM 4 GB berteknologi DDR3L.

Sementara itu, Acer Aspire Z3-451 juga telah dibekali dengan layar 14 inci beresolusi 1.366 x 768 piksel, DVD RW Drive, 2 port USB 2.0, 2 port USB 3.0, port HDMI, port VGA, Bluetooth 4.0, Wi-Fi, HD Webcam. Dengan kombinasi tersebut dapat menunjang aktivitas desain grafis sehari-hari.

Laptop Lenovo Ideapad 110

Sekarang ini Lenovo sudah menjadi vendor laptop saingan ASUS di Indonesia. Laptop yang dikeluarkan oleh Lenovo mempunyai harga yang cukup terjangkau di Indonesia dan tentunya spesifikasi perangkat hardware yang ditawarkannya pun berkualitas.

Laptop untuk desain grafis dengan harga yang terjangkau, Lenovo merilis Tipe Ideapad 110 yang sudah dibekali dengan prosessor AMD A8-7410 Quad-core berkecepatan 2,2 GHz, storage internal HDD berkapasitas hingga 1 TB, kartu grafis AMD Radeon R5, dan kapasitas RAM 4 GB berteknologi DDR3L.

Tak lupa ketinggalan, layar 15,6 inci beresolusi 1.366 x 768 piksel, webcam 0,3M, port jack audio, port HDMI, port LAN, slot card reader, port VGA, dan DVD Super Multi RW telah hadir dalam laptop terjangkau ini.

Laptop saat ini mempunyai fungsi yang sudah dapat disetarakan sebuah PC. Spesifikasi yang dipasang pada beberapa laptop memang cukup dapat menjalankan berbagai program yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Karena, sekarang ini lagi marak-maraknya berkeliaran tukang fotografer yang hasil jepretan fotonya menghasilkan gambar yang biasa saja, tapi sesudah tersentuh dengan aplikasi atau program desain, hasilnya terlihat menjadi lebih baik.

Oleh sebab itu, saat ini banyak fotografer yang mencari laptop dengan spesifikasi yang dapat melakukan program desain grafis, agar dapat mengolah foto-foto dari hasil jepretan dari kamera profesionalnya yang mahal.

Pilihan laptop yang mempunyai spesifikasi desain grafis dapat juga disetarakan sama dengan laptop spesifikasi yang mempunyai gaming.

Sebab, kedua kategori laptop ini memang sama-sama memerlukan pengolah grafis dan processor yang kuat guna merender grafis.

Berikut adalah 4 pilihan laptop terbaik untuk para desain fotografer yang berkeinginan mengedit foto dengan harga yang hanya separuh dari harga kamera profesional.

Laptop HP 14 AN004AU

HP merupakan salah satu vendor yang sudah lahir sebelum Apple muncul. Produk-produk yang ditawarkan HP ini mempunyai kualitas yang baik.

Selain laptop dengan harga yang mahal, HP juga bermain di pasar laptop dengan harga yang terjangkau. Bahkan HP juga mempunyai laptop untuk desain grafis dengan harga yang terjangkau, yakni HP 14 AN004AU.

Laptop ini memiliki spesifikasi perangkat hardware yang bertenaga, dengan prosessor AMD A8-7410 Quad core berkecepatan 2,2 GHz, storage internal 500 G, kartu grafis AMD Radeon R5, dan RAM berkapasitas 4 GB.

Sementara itu , HP 14 AN004AU dilengkapi juga dengan fasilitas Wi-Fi, slot card reader, port USB, DVD Super Multi telah hadir di dalamnya.

Bisa dibilang laptop ini adalah salah satu pilihan yang mempunyai harga yang terjangkau dan spesifikasi perangkat hardware yang menarik.

Laptop Samsung NP355V4-SO31D

Laptop dari produsen Samsung ini juga bisa kita gunakan sebagai laptop untuk desain grafis andalan.

Dengan mengusung platform AMD, Samsung memang cerdas untuk memberikan harga dari laptop desain grafisnya ini.

Samsung NP355V4-SO31D ini dilengkapi dengan chipset processor dari AMD A6 series dengan kecepatan 2.7Ghz.

Kapasitas RAM yang terpasang memang masih terbilang standar yaitu 2GB, namun itu masih bisa kita upgrade.

Yang menjadikan laptop ini bisa mengolah grafis lebih baik adalah laptop ini dilengkapi dengan komponen chipset GPU dari AMD Radeon 7520G.

Laptop dengan kemampuan desain grafis ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup bersahabat yaitu hanya dengan harga RP. 5,1 jutaan saja.

Laptop Asus A43SV-VX072D

Asus adalah salah satu produsen favorit pilihan masyarakat Indonesia. Asus sebagai produsen perangkat komputer, memang sering membuat beberapa laptop yang menyasar ke semua kalangan.

Laptop keluarannya kali ini menyasar kalangan para desain grafis dengan tipe ASUS A43SV-VX072D.Laptop ini memakai platform Intel Core i3 sebagai komponen otak pemrosesannya, yang didukung dengan RAM 2GB DDR3.

Untuk komponen grafisnya sendiri terpasang GPU dari platform nVidia GT 540 dengan kapasitas memori 1GB. Asus menawarkan untuk laptop desain grafisnya ini dengan harga yang hanya sekitar Rp. 5,8 jutaan saja.

Laptop Ideapad G400s-6485

Laptop keluaran Lenovo kali ini, bisa untuk segmen pasar desain grafis yang membutuhkan laptop yang memiliki kemampuan mengolah grafis tinggi tapi dengan harga murah.

Lenovo Idepad G400s-6485 merupakan tipe yang sangat cocok digunakan jika kita memilih Lenovo sebagai produsen andalan Kita.

Laptop ini menggunakan processor dari Intel Core i5 dengan kapasitas RAM yang lebih besar dari kedua tipe laptop di atas yaitu 4GB. Chipset GPU dari platform nVidia GT720 dengan VRAM 2GB adalah senjata andalannya untuk mengolah grafis dengan baik.

Laptop ini pun diperjualbelikan dengan harga yang relatif murah pada kisaran Rp. 5,3 jutaan saja.

Laptop ASUS X454YA-BX801D

Laptop buatan ASUS yang satu ini sudah dapat menunjang keperluan untuk desain grafis karena telah dibekali dengan beberapa komponen yang mumpuni, antara lain Prosessor AMD A8-7410 Quad-core dengan kecepatan 2,2 GHz, kartu grafis tipe AMD Radeon R5, RAM 4 GB dengan teknologi DDR3L, dan penyimpanan internal HDD 500 GB berkecepatan 5.400 RPM.

Sementara itu, ASUS X454YA-BX801D juga mempunyai layar dengan ukuran lebar 14 inci dan resolusi 1.366 x 768 piksel, Bluetooth 4.0, Super-Multi DVD, ASUS SonicMaster Technology, Multi-format card reader, Chiclet Keyboard, serta Wi-Fi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Bisa dibilang harga yang ditawarkan oleh laptop ini memang cukup terjangkau apabila dilihat dari spesifikasi hardware yang ditawarkan.

Selain itu, ukurannya yang standar membuatnya mudah dan enak untuk dibawa-bawa kemanapun dengan menggunakan tas.

Kesimpulannya adalah, jika kita sedang mencari laptop dengan kemampuan desain grafis, yang paling penting yang harus kita perhatikan hanyalah 3 aspek saja.

Aspek tersebut yaitu terdiri dari perangkat Prosessor, Kartu Grafis GPU, dan juga Kapasitas Memori (RAM).

Sebagai panduan untuk kita dalam memilih laptop desain grafis standar (minimum), coba cari laptop yang mempunyai komponen prosessor Core i5, RAM kapasitas 4GB, Kartu Grafis GeForce GTX 700 series.

Tips dan Rekomendasi Laptop Untuk Desain Grafis Terbaik
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!